Kediri Jaman dulu
by Wong Edan
Foto Presiden Sukarno sedang
berkunjung ke kediri ketika gunung Kelud meletus tahun 1951 menggunakan
mobil plat AG 1. Mobil dinas Residen Kediri R. Soewondo Ranoewidjojo
yang sedang menjabat waktu itu.
STASIUN KEDIRI 1892, Dilihat dari Jalan Dhohoterhalang rimbun pepohonan
Pasar Pahing - Another Version
STASIUN KOTA KEDIRI Tahun 1910
Ternyata dulunya jalan Stasiun banyak pohon tinggi
Ternyata dulunya jalan Stasiun banyak pohon tinggi
KEDIRI BRUG 1955
Jembatan Lama bikinan Belanda penghubung barat-timur sungai yang awet kita lewati sampai sekarang
Jembatan Lama bikinan Belanda penghubung barat-timur sungai yang awet kita lewati sampai sekarang
Inilah wajah PASAR PAHING tahun 1930
ALUN-ALUN KEDIRI Tahun 1930an
Masih belum ada Pedagang Kaki Lima
Masih belum ada Pedagang Kaki Lima
JALAN DHOHO PERTIGAAN STASIUN 1930
KEDIRIE ALOON ALOON (JAVAANSCHE RESTAURANTIE)
Begitulah orang Belanda menyebut pedagang makanan lesehan yang berjualan di bawah pohon yang teduh dan rindang di ALUN ALUN KEDIRI tahun 1900-an
Begitulah orang Belanda menyebut pedagang makanan lesehan yang berjualan di bawah pohon yang teduh dan rindang di ALUN ALUN KEDIRI tahun 1900-an
KANTOR POS PARE Tahun 1930
KLENTENG TJIOE HWIE KIONG 1930
Tetap tegar berdiri menghadap sungai Brantas.
Dulur, setelah 80 tahun berlalu, kira-kira apa saja perubahan yang telah terjadi ??
Tetap tegar berdiri menghadap sungai Brantas.
Dulur, setelah 80 tahun berlalu, kira-kira apa saja perubahan yang telah terjadi ??
KANTOR POS KEDIRI 1930
(KEDIRIE POOST KANTOOR)
(KEDIRIE POOST KANTOOR)
Masjid Agung Kediri 1930
Masih belum memiliki tower
Masih belum memiliki tower
GEREJA "MERAH" IMMANUEL Tahun 1930an
Dekat Bunderan Sekartaji, jalan raya masih tanah yang belum diaspal.
Dekat Bunderan Sekartaji, jalan raya masih tanah yang belum diaspal.
Tradisi Kuno Kediri : RAMPOGAN MATJAN
Bila orang Spanyol menggunakan Banteng, orang Kediri dulu menggunakan Macan. Mungkin banyak yang tidak tahu tradisi ini. Prosesi hukuman mati bagi macan yang sering menyerang ternak penduduk. Dilaksanakan di tengah Alun-alun, sang Macan dikelilingi ramai penonton yang siap membawa tombak menghalau dan menusuk macan sampai mati.
Karena dianggap tidak berperi kemanusiaan akhirnya tradisi ini dilarang Belanda tahun 1905 selain disinyalir sebagai salah satu penyebab kepunahan Harimau Jawa. Ngeri juga ya ?
Bila orang Spanyol menggunakan Banteng, orang Kediri dulu menggunakan Macan. Mungkin banyak yang tidak tahu tradisi ini. Prosesi hukuman mati bagi macan yang sering menyerang ternak penduduk. Dilaksanakan di tengah Alun-alun, sang Macan dikelilingi ramai penonton yang siap membawa tombak menghalau dan menusuk macan sampai mati.
Karena dianggap tidak berperi kemanusiaan akhirnya tradisi ini dilarang Belanda tahun 1905 selain disinyalir sebagai salah satu penyebab kepunahan Harimau Jawa. Ngeri juga ya ?
ALUN_ALUN KEDIRI tahun 1938
Taman Alun-alun yang sejuk dan rindang dengan 'penampakan' 2 noni Belanda dan anak yang sedang bermain. Bersemi NDA
Taman Alun-alun yang sejuk dan rindang dengan 'penampakan' 2 noni Belanda dan anak yang sedang bermain. Bersemi NDA
ALUN-ALUN KEDIRI 1948
Gambar diambil dari atas pesawat, ketika Jl. PB Sudirman itu masih pertigaan dan belum ada jembatan baru serta belum ada Google Earth
Gambar diambil dari atas pesawat, ketika Jl. PB Sudirman itu masih pertigaan dan belum ada jembatan baru serta belum ada Google Earth
PG. NGADIREJO (foto 6 Juni 1939)
Inilah Wajah-wajah Keluarga Besar Founding Father pendirinya
Mungkinkah dari yang masih anak-anak itu masih hidup sampai sekarang?
Inilah Wajah-wajah Keluarga Besar Founding Father pendirinya
Mungkinkah dari yang masih anak-anak itu masih hidup sampai sekarang?
KAWAH GUNUNG KELUD 1901
Ketika Presiden Sukarno Baru Lahir
Ketika Presiden Sukarno Baru Lahir
KANTOR POS GURAH Th. 1930
Didepannya Rel kereta api Kediri-Pare yang sekarang tidak terpakai, terlihat masih bagus karena masih beroperasi
Didepannya Rel kereta api Kediri-Pare yang sekarang tidak terpakai, terlihat masih bagus karena masih beroperasi
RUMAH SAKIT HVA TULUNG REJO (06/04/1935)
Sedang dikunjungi Gubernur Jendral BelandaJl. A. Yani 25 Pare (sekarang)
Sedang dikunjungi Gubernur Jendral BelandaJl. A. Yani 25 Pare (sekarang)
TEBING SUMBING GUNUNG KELUD th. 1901
Yang pernah ke Gunung Kelud pasti pernah berfoto di tebing yang eksotis ini, seperti yang dilakukan Meneer/Bule Belanda ini 110 tahun yang lalu, I Love Kediri "NDA"
Yang pernah ke Gunung Kelud pasti pernah berfoto di tebing yang eksotis ini, seperti yang dilakukan Meneer/Bule Belanda ini 110 tahun yang lalu, I Love Kediri "NDA"
ETUSAN DAHSYAT GUNUNG KELUD 1951
Foto dari udara : JEMBATAN LAMA tahun 1947
Dari jauh terlihat siluet Gunung yang tak berubah hingga kini, Lapangan Brawijaya, Sekitar Stasiun dan Jalan Dhoho masih terlihat seperti 'hutan', Bangunan di timur sungai masih terlihat baru dan jembatan itu masih awet kita lewati setiap hari sampai sekarang. Klasik nda ..
Dari jauh terlihat siluet Gunung yang tak berubah hingga kini, Lapangan Brawijaya, Sekitar Stasiun dan Jalan Dhoho masih terlihat seperti 'hutan', Bangunan di timur sungai masih terlihat baru dan jembatan itu masih awet kita lewati setiap hari sampai sekarang. Klasik nda ..
Kantor Pabrik Gula Pesantren Tahun 1926
dan Meneer yang mbaurekso
dan Meneer yang mbaurekso
Pabrik Karung di Kencong - Kec. Kepung dekat Pare Tahun 1926
Kediri Tempo Doeloe Hulppost- en telegraafkantoor te Papar
Kantor Pos Papar Tahun 1930
Kantor Pos Papar Tahun 1930
Kediri Tempo Doeloe : Jembatan Mrican Tahun 1930
Dengan Siluet Gunung Wilis dan Cerobong Asap PG. Meritjan
Dengan Siluet Gunung Wilis dan Cerobong Asap PG. Meritjan
Jalan Dhoho, Perempatan Aries Motor jaman dulu ketika masih ada bendera belanda
sekarang malam hari banyak lesehan pecel tumpang
sekarang malam hari banyak lesehan pecel tumpang
Suasana Hiruk pikuk Gedung Bioskop
SENTRAL ketika masih bernama VOLTA, Jl. Pattimura depan Pasar Setono
Betek dengan film yang diputar hari itu masih hitam putih berjudul
"Calypso Heat Wave".
Film yang dirilis tahun 1957.
Film yang dirilis tahun 1957.
Foto Udara pabrik pengolahan Ketela di Djengkol Plosoklaten tahun 1947,
kini bekasnya masih difungsikan sebagai kawasan perkebunan milik PG.Pesantren Baru Kediri PTPN X. Saksi bisu tragedi '65
kini bekasnya masih difungsikan sebagai kawasan perkebunan milik PG.Pesantren Baru Kediri PTPN X. Saksi bisu tragedi '65
Perempatan Jalan Dhoho tahun 50-an
Jalan terlihat sepi, hanya andong, mobil kuno dan sesekali pejalan kaki melintas. Terlihat juga Gedung BI dan Gunung Klotok yang masih terlihat jelas.
Jalan terlihat sepi, hanya andong, mobil kuno dan sesekali pejalan kaki melintas. Terlihat juga Gedung BI dan Gunung Klotok yang masih terlihat jelas.
Pabrik Gula "BADAS" Tahun 1912
Bersama Para Meneer Tebu
Bersama Para Meneer Tebu
Pohon Besar di pinggir jalan raya,
Desa Gadungan Kec. Puncu, bersama "penampakan" Meneer dari Departemen
Kehutanan Hindia Belanda. Foto dibuat Tahun 1927.
Kereta Lori Pengangkut Tebu PG. PESANTREN
Jaman Hindia Belanda Tahun 1926
PG Pesantren yang tergabung dalam PTPN X bersama PG Ngadirejo baru saja mendapatkan penghargaan sebagai Pabrik Gula BUMN dengan performa terbaik sepanjang Tahun 2011 dari 51 Pabrik Gula Seluruh Indonesia.
Jaman Hindia Belanda Tahun 1926
PG Pesantren yang tergabung dalam PTPN X bersama PG Ngadirejo baru saja mendapatkan penghargaan sebagai Pabrik Gula BUMN dengan performa terbaik sepanjang Tahun 2011 dari 51 Pabrik Gula Seluruh Indonesia.
Perempatan Jimbun/Jiboen Kandat
Berseberangan dengan makan Ki Ageng Jimbun, Murid sekaligus laskar Pangeran Diponegoro yang hijrah dan pertamakali membuka hutan (babat alas) disini. Pos pantau Kereta Lori tebu yang dibuat tahun 1930 oleh Belanda, adalah bukti sisa-sisa kebesaran dimasa lalu.
Berseberangan dengan makan Ki Ageng Jimbun, Murid sekaligus laskar Pangeran Diponegoro yang hijrah dan pertamakali membuka hutan (babat alas) disini. Pos pantau Kereta Lori tebu yang dibuat tahun 1930 oleh Belanda, adalah bukti sisa-sisa kebesaran dimasa lalu.
Rabu Tempo Doeloe :
Halaman SMA Negeri 1 Kediri tahun 1941 Kala itu Jalan Veteran masih bernama jalan Klotok
Halaman SMA Negeri 1 Kediri tahun 1941 Kala itu Jalan Veteran masih bernama jalan Klotok
Kediri Tempo Doeloe :
Jembatan Lama Ketika Banjir Th. 1955
Dengan latar belakang gunung Klotok
Air Sungai brantas terlihat meluap setinggi jalan di jembatan
bisa dibayangkan ketinggian air di jalan Yos Sudarso & Jl. Brawijaya
Jembatan Lama Ketika Banjir Th. 1955
Dengan latar belakang gunung Klotok
Air Sungai brantas terlihat meluap setinggi jalan di jembatan
bisa dibayangkan ketinggian air di jalan Yos Sudarso & Jl. Brawijaya
Pemain Jaranan Tahun 1920
semoga Budaya Jaranan kita tetap lestari Nda
semoga Budaya Jaranan kita tetap lestari Nda
Maaf min. Foto² di atas masih ada beberapa yang tidak sesuai deskripsi.
ReplyDeleteAntara foto dan tempat tidak sesuai.
Untuk deskripsi foto² bisa di perbandingkan dengan fp Kediri JADUL di facebook.
ReplyDelete